Kunjungan kerja ke Bontonompo,Pemkab Gowa Serahkan 5441 Kartu Tani

0
53

Gowa (Sulsel) — Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Wakil Bupati Gowa, H. Abdul Rauf Malaganni kembali melakukan kunjungan kerja (Kunker). Kali ini Kunker dilakukan di Kampung Rewako Dusun Data Desa Manjapai Kecamatan Bontonompo, Senin (21/9/2020).

Sama seperti di lokasi sebelumnya, ke delapan kunker ini Bupati dan Wakil Bupati Gowa kembali menyerahkan kartu tani. Kali ini, Bupati Gowa menyerahkan sebanyak 5441.

Bupati Adnan mengatakan Kartu Tani ini merupakan Bantuan dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia untuk membantu para petani khususnya yang di Wilayah Kabupaten Gowa.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Gowa, Sugeng Priyanto mengatakan bahwa Kartu Tani merupakan cara Pemerintah untuk memperbaiki tata kelola menyalurkan pupuk bersubsidi agar tepat sasaran.

Lanjutnya, dengan kartu tani ini kata Sugeng, akan memudahkan petani atau masyarakat kurang mampu untuk mendapatkan pupuk bersubsidi dari pemerintah. Kartu tani akan digunakan untuk melakukan penebusan di pengecer agar bisa memperoleh pupuk bersubsidi.

“Misalnya jika petani dalam satu hektare membutuhkan 4 zak pupuk senilai Rp. 1.120.000, maka dengan adanya kartu tani masyarakat hanya membayar tunai Rp. 360 ribu. Maka Rp. 760 ribu itu akan disubsidi oleh pemerintah,” kata Sugeng.

Lanjutnya, petani yang mendapatkan Kartu Tani ini yaitu petani yang menggarap lahan di dua (2) hektare ke bawah. Perhektarnya Petani yang mendapat Kartu Tani dapat memperoleh 200 kilogram pupuk atau empat karung bagi petani padi. Sementara untuk petani jagung mendapatkan 300 kilogram pupuk perhektarnya.

Dirinya menambahkan, untuk Kabupaten Gowa mendapatkan jatah 76 ribu kartu tani dari Kementerian Pertanian yang akan di serahkan ke petani melalui BNI. Sementara hingga saat ini jumlah petani yang sudah terdaftar sekitar 71.758.

Selain Kartu Tani, pada kesempatan ini Bupati dan Wakil Bupati Gowa juga menyerahkan Bantuan Sosial berupa beras untuk KPM dan PKH Kecamatan Bontonompo Pemberian Masker sebanyak 6.000 lembar dan Pemberian bibit pohon produktif kepada Desa/Kelurahan di Kecamatan Bontonompo.

*****Reporter Sutarmin*****

LEAVE A REPLY