Berupaya Menekan Angka Pengangguran UPT.Banawa Lalundu Resort 1 Banawa,Ulujadi,Penimbani Harapkan Usaha Teh Kelor dan Minyak Kelor lebih ditingkatkan Nilai Jualnya

0
70

Mediaportalmetro.com – Donggala (SULTENG) Daun Kelor Adalah jenis Tumbuhan makanan yang diolah menjadi sayur,makanan khas Suku Kaili,yang juga di yakini sebagai Obat berbagai Macam penyakit,dapat dijumpai di manapun khususnya di wilayah Kabupaten Donggala Apa lagi dimasak dengan santan menjadi sayur kelor santan,namanya “uta kelo”Narasa leee,begitu istilah sebutan Akrab warga disini di Tanah Kaili.

Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) guna mendapatkan penghasilan tambahan dan menekan angka Pengangguran Berupaya Menekan Angka Pengangguran UPT.Banawa Lalundu Resort 1 Banawa,Ulujadi dan Penimbani Kab.Donggala,Bekerja sama dengan warganya terkhusus para petani juga ibu ibu rumah tangga di Desa Loli Tasiburi Kecamatan Banawa,mengolah Daun Kelor Kering menjadi Teh Kelor bahkan juga mengolah buah kelor Menjadi Minyak Kelor.

Produksi Teh kelor dan minyak kelor diolah pakai mesin olahan ,sudah kurang lebih 1 tahun berproduksi.

Selain itu juga ada Pembuatan Karya seni yaitu Gitar terbuat dari kayu dan Kursi lengkap meja yang terbuat bahan bakunya dari Bambu serta Rotan yang sudah dipasarkan ke luar daerah,sedikit demi sedikit sambil menunggu investor yang mau bekerja sama memasarkan hingga ke manca negara (luar negeri).

“Disini pak Ada usaha pengolahan teh kelor dan minyak kelor yang masing masing punya khasiat tersendiri serta Ada pembuatan alat seni Gitar dan Kursi satu set meja bahan bakunya terbuat dari Bambu “ungkap Jeferson sambil memperlihatkan hasil karya tersebut.

Ditemui di kantor UPT.Banawa Lalundu Resort 1 Banawa,Ulujadi dan Penimbani Desa loli tasiburi Selasa (11/2/2020 ) Kepala UPT.Kehutanan,Bapak Jeferson,S.sos mengatakan meskipun masih banyak kekurangan,termasuk kekurangan Alat alat pembuatan Alat seni gitar,dan Alat pembuatan kursi bambu ,ia tetap melaksanakan tugas yang di embannya sebagai Abdi Negara yang bertugas sebagai Pegawai negeri sipil (PNS) Kurang lebih sudah 30 Tahun dan akan pensiun Tahun depan.

Dalam bertugas Dikantor UPT.Kehutanan Jeferson (Kepala UPT) ditemani Dua Rekan Pegawai Polisi Kehutanan (Polhut),satu Pegawai Penyuluh dan satu Pegawai bagian Pemberdayaan.

Para rekan Pegawai Kehutanan dikatakan Jeferson ,lebih banyak tugas lapangan,karena 90 persen memang anggota Polisi kehutanan berada dilapangan bertugas dan nanti masuk kantor ketika ada Rapat atau Laporan tentang Program Kerja tiap minggu atau program kerja bulanan,akan tetapi meskipun tugas lapangan 90 persen ,komunikasi tetap lancar.

Jeferson berharap ke Pemerintah khususnya Bupati Donggala dan Dinas Perindustrian untuk bekerja sama,Agar Teh Kelor dan minyak kelor serta Kerajinan tangan Gitar dan Kursi dapat di pasarkan ke Pegawai Pegawai Kantor yang ada di Pemkab Donggala,diperkenalkan ke Dinas Dinas untuk dipasarkan,baik pasar moderen ,pasar tradisional maupun ke Toko ole ole khas Donggala,untuk diperjual belikan bahkan sampai ke manca negara.

Selain Teh kelor dan minyak kelor serta  hasil kerajinan tangan,UPT.Banawa Lalundu Resort 1 Banawa,Ulujadi dan Penimbani yang bekerja sama Bapak Susanto Kepala Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) Banawa ,Lalundu Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah,juga mendapatkan Bantuan Mesin Pengelolaan Air bersih dari Balai Daerah Aliran sungai dan Hutan (D.A.S) Provinsi Sulawesi Tengah,diolah menjadi air minum  dalam bentuk kemasan Galong yang diperjual belikan ke masyarakat dan perusahaan sekitar desa loli tasiburi kecamatan banawa.

“Mesin Air Galong ini Bantuan dari Balai D.A.S, Provinsi Sulawesi Tengah yang kami kelolah untuk di jual ke warga,dengan harga murah Lima ribu rupiah Per satu galong,dan hasilnya nanti akan dibagi Ke Desa,guna meningkatkan P.A.D serta bagi hasil ke Pemerintah Kabupaten,hanya bagi hasilnya belum saat ini karena masih berjalan sementara 3 bulan terakhir sejak november 2019 dan masih menunggu Perdanya (Peraturan Daerah tentang bagi hasil) “cerita Jeferson ke www.mediaportalmetro.com.

Mesin Air Galong bantuan Balai D.A.S Provinsi Sulawesi tengah ini dapat memproduksi 300 Galong Perhari yang tadinya hanya 100 Galong Perhari .

Inipun juga masih kewalahan dalam penjualan air galongnya karena masih mencari langganan pembeli air galong,baik warga sekitar maupun Ke Perusahaan Industri tambang yang ada di wilayah kecamatan Banawa karena sekarang hanya sekitar sepuluh hingga lima belas galong saja perhari biasanya laris.

Akhir wawancara cerita Jeferson kepala Upt.kehutanan Kecamatan banawa,Harapkan usaha Teh Kelor,Minyak Kelor yang terbuat dari biji kelor,dan Kerajinan tangan ini,yang sampai saat ini belum tersentuh bantuan berupa Modal usaha dana Anggaran Kes,agar dapat dibantu modal usaha,baik dari Pemerintah maupun swasta kalau ada ,sebab sekarang masih menggunakan anggaran mandiri yakni pribadi dalam pengembangan usaha.

Khasiat Teh Kelor :

– Meningkatkan Pertahana Tubuh.
– Menyedian Nutrisi Untuk Mata dan Otak .
– Meningkatkan metabolisme tubuh.
– Mendorong perbaikan struktur sel dalam tubuh.
– Meningkatkan serum alami kolestrol.
– Mencegah munculnya keriput pada kulit wajah.
– Meningkatkan dan menormalkan fungsi hati dan ginjal.
– Memperindah kulit.
– Meningkatkan energi non gula.
– Meningkatkan fungsi pencernaan.
– Bertindak sebagai anti oksidan.
– Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
– Meningkatkan sistem peredaran darah.
– Anti inflamasi Alami.
– Menstabilkan kadar gula darah pada tubuh.

Reporter : Muhammad NurNas.

LEAVE A REPLY