MUBES DEMA FSH di Tunda,KPR FSH Dianggap Gagal

0
173

Mediaportalmetro.com,Aceh — Musyawarah Besar (MUBES) untuk pemilihan Ketua Dewan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum (DEMA FSH) yang diselenggarakan selama tiga hari, yaitu dimulai dari Kamis, Jumat dan berakhir pada hari Selasa, 31 Desember 2019, menimbulkan beberapa polemik tidak menyenangkan di kalangan mahasiswa FSH serta timbul masalah besar di berbagai pihak.

Pihak yang dimaksud merupakan pihak yang tidak menerima hasil keputusan yang ditetapkan oleh Presidium Sidang.

Salah satu permasalahannya adalah perlakuan yang tidak adil dari Presidium Sidang serta Panitia Komisi Pemilihan Raya (KPR) Fakultas Syari’ah dan Hukum UIN Ar-Raniry terhadap pemberlakuan ketentuan pasal 4 mengenai lanjut atau tidaknya persidangan mubes, karena tidak hadirnya delegasi di forum.

Terjadi keanehan dimana kejadian tidak hadirnya sebagian delegasi terjadi pada hari Jumat (27 Desember 2019), dan Selasa (31 Desember 2019). Pihak delegasi 01 tidak berhadir pada hari Jumat dan Presidium Sidang tidak melanjutkan mubes dengan berbagai alasan.

Akan tetapi, ketika pada hari Selasa pihak delegasi 02 Ikbal Afzal belum berhadir di forum, dan Presidium Sidang melanjutkan Mubes tanpa sepengetahuan semua pihak, ujar Mahlil Ridwan

Kesalahan yang sangat fatal dilakukan oleh panitia KPR dan Presidium Sidang, terutama mengenai keadilan dalam mengambil keputusan serta ada permainan yang diperagakan oleh Presidium Sidang dan Panitia KPR. Sampai akhirnya, KPR mendeklarasikan kemenangan pihak 01 Fharis Alfaizar tanpa sepengetahuan pihak 02. Selanjutnya, pihak 02 dari pihak yang dirugikan ini akan menyelesaikan permasalahan ini melalui jalur hukum yaitu menggugat ke Wakil Dekan (Wadek) 3 FSH dan selanjutnya Senin, 06 Januari 2020 Wadek 3 FSH pun menunda MUBES FSH, dikarenakan ada polemik yang terjadi yang dianggap keputusan sebelah pihak ini dengan tanpa ada persetujuan dari pihak 02 dan Wadek 3 FSH sendiri.

Penulis :
Mahlil Ridwan (Mahasiswa Fakultas Syariah dan Hukum UIN Ar-Raniry).

LEAVE A REPLY