Jokowi Resmikan Seksi 2-4 Tol Balikpapan – Samarinda Hari Ini

0
338

Mediaportalmetro.com, Balikpapan – Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan meresmikan ruas tol Balikpapan – Samarinda (Balsam) seksi Samboja-Samarinda atau seksi 2-4, Kalimantan Timur, pada Selasa, 17 Desember 2019.

“Presiden juga akan meninjau langsung ruas tol yang diresmikan tersebut,” seperti dikutip Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden.

Peresmian akan dilakukan di Gerbang Tol Samboja yang berada di Kabupaten Kutai Kertanegara.

Posisi tol ini menjadi strategis dengan rencana pemindahan ibu kota negara.

Sebab, Kabupaten Kutai Kertanegara merupakan salah satu calon ibu kota negara selain Kabupaten Penajam Paser.

Jalan Tol Balikpapan – Samarinda juga menjadi akses penghubung Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan.

Akses menuju bandara ini dapat ditempuh dalam waktu 15-20 menit dengan melewati Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan yang hanya berjarak sekitar 8 km dari bandara tersebut.

Jalan tol Balsam dibangun sejak November 2016 terdiri dari 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan – Samboja (22,03 Km), Seksi II ruas Samboja – Muara Jawa (30,98 Km), Seksi III Muara Jawa – Palaran (17,50 Km), Seksi IV Palaran – Samarinda (17,95 Km), dan Seksi V ruas Balikpapan – Sepinggan (11,09 Km).

Dari lima seksi, Kementerian PUPR dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) memberikan dukungan pembangunan konstruksi di Seksi I dan Seksi V yang bertujuan meningkatkan kelayakan finansial ruas tol tersebut.

Pembangunan Seksi I menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Kalimantan Timur sebesar Rp 1,5 triliun dan APBN sebesar Rp 271 miliar, Rp 79,88 miliar di antaranya dialokasikan untuk pembangunan Jembatan Manggar sepanjang 613 meter.

Sedangkan untuk Seksi V didanai APBN yang berasal dari pinjaman Pemerintah Cina sebesar Rp848,55 miliar atau sekitar 8,5 persen dari total investasi.

Untuk Seksi II-III dan IV, pembangunannya menggunakan dana Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Jasa Marga Balikpapan-Samarinda.

Dalam kunjungan kerja, Jokowi didampingi Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Selain itu turut pula Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, Juru Bicara Presiden M. Fadjroel Rachman, dan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Source: Kompas.com
Editor : Mediaportalmetro.com

LEAVE A REPLY