Polda Sulteng Naik Tipe,Tipe B menjadi Tipe A

0
422

Palu (Sulteng) -Mediaportalmetro.com,Berdasarkan keputusan Kapolri Nomor Kep/1965/X/2019, tanggal 14 Oktober 2019,Polda sulteng akhirnya mengalami Kenaikan tentang perubahan tipe Polda, yang sebelumnya Polda Sulteng Tipe B menjadi Polda Tipe A.

Hal ini disampaikan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sulteng, Brigjen Pol Drs. Lukman Wahyu Hariyanto, M.Si, melalui Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulteng, AKBP Didik Supranoto, S.IK, pada Selasa (15/10/2019), melalui sambungan whatsapp.

Didik mengungkapkan kenaikan status tipe ini berdasarkan keputusan Kapolri Nomor Kep/1965/X/2019,tanggal 14 Oktober 2019, tentang perubahan Tipe Polda Sulteng dari Polda Tipe B menjadi Polda Tipe A.

“Dengan perubahan tipe, penyesuaian seperti penyusunan perencanaan penyesuaian anggaran, serta sarana prasarana dan penambahan kekuatan personel akan dilakukan secara bertahap,” Ujarnya.

Didik juga mengatakan kenaikan Tipe Polda Sulteng menjadi Tipe A tidak terlepas dari pindahnya ibukota dari Jakarta ke Kalimantan.

“Dengan pindahnya ibukota, tentunya secara otomatis Provinsi Sulawesi tengah menjadi penyangga ibukota. Untuk itu sudah seharusnya Polda Sulteng dipimpin perwira tinggi (Pati) berpangkat Ispektur Jenderal Polisi (Irjen Pol),” Ungkapnya.

Didik menambahkan terkait usulan kenaikan Tipe Polda Sulteng telah dilakukan sejak lama.

“Usulan kenaikan status tipe polda sudah lama dilakukan. Itu dilakukan dengan pertimbangan adanya peningkatan beban kerja, penguatan organisasi dan peningkatan dukungan SDM Polri,” tambahnya.

Laporan : Agnes Sualang.