Forkopimda Banggai Tinjau Karhutla Yang Terjadi Di Kecamatan Nuhon

0
550

Mediaportalmetro.com – LUWUK (Sulteng),Wakil Bupati Banggai H. Mustar Labolo bersama Dandim 1308/LB Letkol Inf.Nurman Syahreda,SE lakukan peninjauan lokasi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Desa Batu Hitam Kec. Nuhon, Kab.Banggai,Provinsi Sulawesi Tengah Senin (2/9/2019).

Kunjungan ini dilakukan karena menindak lanjuti Karhutla yang terjadi sejak tanggal 28 Agustus 2019 s.d tanggal 2 September 2019,di tiga desa yang berada di kecamatan Nuhon, yakni Desa Tobelombang, Desa Bangketa dan Desa Batu Hitam.

Adapun perkembangan Karhutlah tersebut dapat di laporkan sbb :

1. Karhutla yang terjadi di 3 (tiga) Desa tersebut telah dilakukan upaya pemadaman oleh aparat TNI/Polri dan masyarakat setempat.

2. Untuk wilayah Desa Tobelombang dan Desa Bangketa, karhutlah telah selesai di padamkan.

3. Untuk Desa Batu Hitam, karhutla yang terjadi di beberapa titik sudah dapat di padamkan, akan tetapi sisa-sisa bara api membuat terjadinya kebakaran kembali dan semakin melebar ke arah Desa Balingara Kec. Ampana Tete Kab.Touna yang merupakan Desa perbatasan Kab. Touna dan Kab.Banggai.

4. Kegiatan kunjungan Wakil Bupati Banggai bersama Dandim 1308/LB tersebut merupakan langkah dan upaya untuk melakukan pemadaman secara manual dan menghalau agar api tidak melebar.

5. Dalam usaha dan upaya tersebut, unsur TNI/Polri bersama masyarakat turun tangan langsung untuk melakukan pemadaman secara manual dengan secara bergantian. Adapun unsur TNI/Polri dan masyarakat yang turun tangan tersebut yakni terdiri dari :

a. Personil Makodim 1308/LB dan Koramil 1308 – 02/Bunta.
b. Polsek Nuhon.
c. BPBD Kab. Banggai.
d. Masyarakat Desa Batu Hitam dan Desa Bangketa, serta dibantu oleh masyarakat Desa Balingara yang berjumlah sekitar 60 orang.

6. Peralatan yang digunakan dalam upaya pemadaman tersebut antara lain :

a. Tangki semprot racun rumput atau semprotan hama.
b. Parang
c. Chainsaw

7. Pada pelaksanaan kegiatan pemadaman karhutla tersebut dilakukan dengan cara memadamkan api disepanjang jalur api agar api tidak menjalar/melebar serta pembuatan jalur pemisah.

8. Sampai saat ini upaya pemadaman karhutla telah dilaksanakan dibeberapa titik api, namun masih ada yang tertiup angin.

9. Seusai Wabup Banggai dan Dandim meninjau dan melakukan pemadaman, selanjutnya dilanjutkan kegiatan ishoma (Sholat Istisqa / sholat meminta hujan) yang dilaksanakan di Mesjid Desa Balingara Kec. Ampana Tete Kab. Touna.

10. Pukul 12.45 Wita, Wabup Banggai bersama Dandim 1308/LB selesai melaksanakan peninjauan Karhutla dengan aman.

11. Pukul 13.30 Wita, TNI/Polri dan masyarakat tetap melanjutkan upaya pemadaman Karhutla.

12. Pukul 17.50 Wita, Upaya pemadaman Karhutlah berhasil dipadamkan, akan tetapi untuk bara api sampai malam ini masih ada yang menyala dibeberapa titik, sehingganya aparat TNI masih berjaga di sekitar titik bara api dan menyakinkan agar bara api telah padam.

Laporan : Agnes Sualang.