Diduga Lakukan Penyerobotan dan Pengrusakan,Petani Batui akan Laporkan PT.Elnusa

0
286

Mediaportalmetro.com – BATUI (Sulteng),Masyarakat dan Mahasiswa Kecamatan Batui Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah akan melaporkan PT.Elnusa ke pihak yang berwajib.

Laporan ini karena ada indikasi dugaan penyerobotan dan pengrusakan lahan kebun masyarakat.

“Dalam Waktu dekat ini masyarakat dan kita akan melaporkan PT Elnusa” Ungkap Sugianto Adjadar Ketua Himpunan Mahasiswa Batui cabang Luwuk.

Sebelumnya diketahui bahwa PT Elnusa merupakan satu-satunya perusahaan nasional  yang menguasai kompetensi di bidang jasa minyak dan gas bumi antara lain; Jasa Seismic, Pengeboran dan Pengelolaan Lapangan Minyak.

Aktivitas Survei Seismic pesut mas 2D dan 3D yang dilakukan PT Elnusa di wilayah Batui ini dinilai rugikan petani di kecamatan Batui pasalnya Elnusa melakukan aktivitas tanpa adanya sosialisasi ke pemilik lahan, belum adanya ganti rugi tanaman, serta tidak memperhatikan dan mempertimbangkan aspek-aspek lingkungan.

“Memang dorang tidak pernah ada sosialisasi sama torang pemilik lahan, Tiba-tiba langsung peledakan di kebun” Ucap Siti Nurliah salah satu petani dusun Bolo-boloa, kelurahan Sisipan,kecamatan Batui,kabupaten Banggai.

Tak hanya itu Pak Esdin salah satu masyarakat yang lahanya dilewati Eksplorasi Seismic.mengatakan bahwa, Perusahaan Plat Merah ini terkesan cuek dan lamban dalam menangani pembayaran lubang, bentangan kabel,serta ganti rugi kerusakan tanaman.

“Kita hanya di janji terus, dari sebelum puasa katanya akan di selesaikan pembayaran, tapi sampai hari ini belum juga ada pembayaran. Alasannya mereka masih pendataan” Ucap Esdin saat di konfirmasi awak media,Sabtu (31/8/2019).

Dokumentasi Foto : (Sisa Sisa Peledak Seismic Dilahan  Kebun warga Kecamatan Batui Kabupaten Banggai).

Sementara itu seperti di lansir dari Media Obormotindok.co.id terbitan (1/8/2019) Humas Survey Seismik PT Elnusa Bayu Suseno mengatakan bahwa pembayaran ganti rugi untuk para pemilik lahan yang lahannya dilewati aktivitas Seismic sudah mulai dilakukan di tiga desa kecamatan Batui Selatan kabupaten Banggai Sulawesi Tengah.

“Dalam seminggu ini kami sudah melakukan pembayaran kompensasi di 3 desa” Ujar Bayu, dikutip dari media online Obormotindok.co.id.

Reporter: Agnes Sualang.

LEAVE A REPLY