Rayakan festival Ketupat Icon Desa Pekankamis Kecamatan Tembilahan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir Provinsi Riau

0
509

Provinsi Riau – mediaportalmetro.com
,Masyarakat Desa Pekankamis Kecamatan Tembilan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil) Riau,mengagendakan Festival Ke dua Ketupat yang masih bulan syawal 1440.H, Acara tersebut dikemas dengan suasana menarik pada (Sabtu 29/6/2019).

Masyarakat Desa Pekankemis di Acara Festival Ketupat yang ke dua ini menciptakan Nuansa berbeda sehingga benar- benar menghipnotis para penikmat kuliner ketupat khas tersendiri bagi desa tersebut.

M.Nazar Selaku Camat Tembilan Hulu dalam sambutan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Dinas Pemuda dan olah raga (Dispora) Dan semua tamu undangan yang sempat hadir dan  kepada Kepala Desa Pekankemis yang mengadakan festival Kuliner Ketupat yang ke dua ini.

“Di Festival Ke dua ini benar- benar beda ini dari tahun sebelumnya serta ini merupakan budaya lokal yang layak di ikuti oleh desa lain”ungkap camat M.Nazar.

Camat M.Nazar juga Meminta kepada Kadispora Inhil agar Festival Ketupat ini dapat menjadi agenda rutin serta  wisata Kabupaten serta dapat dianggarkan di APBD inhil,Harapnya.

Hal senada di sampaikan Kepala Desa Pekankemis Misman,bahwa kegiatan ini bertujuan untuk membina persaudaraan, persatuan dan kekompakan antar Dusun di Desa Pekankamis serta sumber dana kami swadaya.

Foto mediaportalmetro.com : Acara Festival Ketupat ke dua Desa Pekankamis Kecamatan Tembilan Hulu Kabupaten Indragiri Hilir ( Inhil) Riau.

“Tadi juga kadispora inhil memberikan sambutan “Festival Ketupat Desa Pekankamis merupakan budaya kearifan lokal yang telah diwariskan secara turun temurun dan ini perlu kita lestarikan sehingga menjadi icon Desa Pekankamis” Kata Misman.

Kepala Desa Pekankamis pun menambahkan bahwa Kata pak kadis tadi untuk segi  Anggaran yang di minta saya dan camat untuk di anggarkan di APBD dalam pengembangan pariwisata lokal kami belum memadai tapi masyarakat tetap berusaha sendiri untuk membangun Desa,mengingat warga asli pekankemis akan pulang apabila ada Festival di Desa tempatnya tinggal dan menambah iven ini dapat menambah penghasilan musiaman.

Setelah Acara penutup berlangsung Camat dan Kepala desa bersama tamu undangan langsung  menuju stand yang di sediakan untuk menikmati langsung Kuliner Ketupat Khas Desa Dan dalam penilaian para tamu undangan memberikan penilaian kepada warga yang ikut lomba, untuk hadiah menarik sudah di siapkan.

Penulis dari Riau : (Dedy Suryandana)
Editor : mediaportalmeto.com