Pesta Adat Powati Di Desa Pakawa

0
774

Portalmetro.com – Pasangkayu Provinsi Sulawesi barat Indonesia,Pesta Adat Powati ini merupakan adat istiadat turun temurun yang diadakan sekali setahun oleh Suku Bunggu yang merupakan penduduk asli Desa Pakawa.

Pesta Adat ini biasanya menjadi ajang pertemuan bagi Suku Bunggu yang menetap dipedesaan dengan yang masih hidup berpindah di pegunungan dan dilaksanakan selama tiga hari,mulai tanggal 7 s/d 9 Agustus 2018.

Pesta adat diadakan di Balai Pertemuan Desa Pakawa,yang dihadiri oleh Wakil Bupati Pasangkayu,H.Muhammad Saal didampingi oleh Danramil Kabupaten Pasangkayu,Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata,Kabag Humas, serta yang mewakili Kepala Adm. PT. Pasangkayu dan PT. Mamuang.

(Advertorial : Pesta Adat Powati Suku Bunggu di Balai Pertemuan Desa Pakawa).

Dalam sambutannya Wakil Bupati mengatakan agar semua masyarakat desa Pakawa ikut berpartisipasi dalam pesta adat ini karena seiring dengan perkembangan jaman penduduk desa sudah bercampur dengan suku Bugis dan Mandar, dan beliau juga berharap agar persatuan harus selalu dijaga karena keaneka ragaman suku yang ada diKabupaten Pasangkayu merupakan modal besar bagi daerah ini, walaupun berbeda tapi saling terikat satu dengan yang lain.

Dalam Pesta Adat Powati biasanya Suku Bunggu menampilkan tarian Ma’dero, tarian ini membentuk lingkaran kemudian berputar secara melingkar mengikuti tabuhan gendang.

(Sumber Humas).