Ciptakan Pemerintahan Secara Transparansi dan Berkuantitas Kades Gunung sari Kabupaten Pasangkayu Membangun Desa

0
666

Portalmetro.com – Gunungsari Kelurahan Martajaya,Kabupaten Pasangkayu Sulawesi barat Indonesia,Guna meningkatkan pemerintah yang berkuantitas dan transparansi,tentunya setiap Desa punya visi misi jelas dan berbeda beda cara tapi satu tujuan yakni dapat menghasilkan pemerintah yang bertanggung jawab secara efisien melalui keterbukaan publik agar setiap kegiatan dapat terlaksana dengan baik terutama untuk Pembangunan dan kesejahteraan Rakyat.

Contoh kongkrit Salah satunya adalah transparansi Penggunaan Anggaran Dana Desa (ADD) maupun Dana Alokasi Desa (DAD) terhadap masyarakat agar Program Pembangunan berjalan lancar dan efisien serta sesuai mekanisme.

Kepala Desa Gunungsari Tepatnya di Kelurahan Martajaya kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi barat, I nyoman Sukariawan saat dikonfirmasi Portalmetro.com Minggu (22/07/2018) mengatakan bahwa selalu melakukan Musyawarah serta Kordinasi terlebih dahulu dengan masyarakat,terutama Kepala Dusun dan BPD jika ingin melaksanakan Perencanaan pembangunan Desa Mulai Anggaran Dana belanja Desa yang terkecil hingga besar.

Selain itu Kepala Desa I nyoman Sukariawan juga menyiapkan Keterbukaan Publik,Tempat Pengaduan untuk masyarakat jika ada masalah masalah desa yang perlu dibenahi melalui tempat pengaduan kotak surat pengaduan yang sudah disiapkan melalui Surat tertulis dari masyarakat untuk Kepala Desa tujuan adalah untuk mengetahui apa keluh kesah warga Desa yang tidak sempat disampaikan secara lisan dapat disampaikan dengan Tulisan berupa Surat.

“Guna meningkatkan kinerja saya sebagai kepala Desa menyiapkan tempat pengaduan masyarakat secara tertulis melalui Surat,dan keterbukaan informasi kegiatan Pembangunan Desa melalui papan informasi yang telah dicetak sebesar Baliho,agar masyarakat dapat mengetahui nilai anggaran desa yang dikelolah secara akuntabel dan transparansi”ungkap I Nyoman Sukariawan.

(Foto Portalmetro.com  : Baliho Rincian APBdes Desa Gunungsari Kelurahan Martajaya Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulawesi Barat).

Ditambahkan I nyoman Sukariawan,bahwa sebagai Kepala Desa ia selalu berupaya menyajikan Pelayanan yang baik dan Pembangunan yang berKualitas dan berkuantitas agar tepat sasaran sesuai pertanggung jawaban dan terhindar dari Penyelewengan Anggaran Dana Desa.

Ditanya tentang Apa saja yang dibangun di Desa saat ini,kepala desa I nyoman Sukariawan mengatakan bahwa  pembangunan yang sedang dilaksanakan adalah Pembangunan pengadaan Air bersih untuk masyarakat,dan masih ada beberapa item yang dilaksanakan sudah terpampan jelas di baliho,sesuai pos Anggaran dan keinginan masyarakat dan peruntukannya.

Diakui I nyoman sukariawan meskipun dirinya ibarat masih seumur jagung menjabat sebagai Kades kurang lebih dua tahun namun selalu memberikan yang terbaik untuk warganya dan akan selalu melaksanakan amanah dengan baik.

Reporter : M. NurNas.