Akses Jalan Desa Lalundu Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi tengah Berlubang,Bagaikan Naik di Atas Perahu DiGuncang Ombak Besar

0
1781

Portalmetro.com – Lalundu Kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah Indonesia,Menyisir daerah PengHasil Kelapa sawit tepatnya dikecamatan Rio Pakava Sulawesi Tengah itulah desa Lalundu dan desa riomukti kecamatan Rio Pakava Kabupaten Donggala.

Daerah ini sumber hasil buminya tergolong besar,rata rata warga lalundu dikenal sebagai petani Kelapa sawit,jagung,cokelat dan Durian serta sayur sayuran.

Namun sangat disayangkan sejak terbentuknya kecamatan di lalundu masih ada sekitar 25 kilo meter hingga 50 kilo meter Akses jalan yang luar biasa rusak Parah.

Akses jalan ini menghubungkan dari arah sulawesi barat dan perbatasan sulawesi tengah antara PT. Pasangkayu dan Kecamatan Rio Pakava Provinsi sulawesi tengah.

Menurut salah satu kepala Desa Rio Mukti lalundu, I Ketut Sadiarsana  saat dikonfirmasi Minggu (22/7/2018) bahwa melihat kondisi jalan yang berlubang dan penuh dengan debu bila hujan deras dan banjir melanda jalanannya berlumpur karena jika musim panas berlubang dan berdebu.

(Foto : Portalmetro.com Kondisi Jalan Desa Rio mukti dan Desa Lalundu Kabupaten Donggala Provinsi Sulawesi Tengah).
(Foto : Jalan Poros – Desa Lalundu dan desa Riomukti)

Akibatnya masyarakat pengguna jalan Roda dua (motor) dan roda empat (mobil) sangat tidak nyaman melintas.

“Bapak lihat sendiri kondisi jalannya saat ini,beginilah kondisinya dan sampai hari ini belum diperbaiki Pemerintah Kabupaten Donggala maupun Pemerintah Pusat (jakarta), kami sangat mengharapkan akses jalan diperbaiki menggunakan Anggaran APBD maupun APBN Melaui Dinas PUPR, tapi belum terlaksana”ungkap kades.

Hasil wawancara bersama kepala desa Rio mukti Lalundu mengatakan bahwa Disini dilalundu kalau jalanan sudah berlumpur apa lagi musim hujan, warga beramai ramai bersama sama memperbaiki jalan yang berlubang,tidak ada bantuan pemerintah,semuanya murni swadaya masyarakat.

Sudah berkali kali kepala desa menyampaikan ke Pemerintah Kabupaten Donggala agar Akses jalan Lalundu diperbaiki namun belum terwujud,harapan kepala desa dan warga lalundu termuatnya berita ini diharapkan para Pemimpin Pemerintah Daerah dan Pusat (Jakarta) dapat memperhatikan Perbaikan Akses jalan Lalundu yang saat ini yang sangat memprihatinkan terutama ditujukan ke Bapak Presiden Republik Indonesia dan Para Wakil Rakyat DPRD,DPR Provinsi,serta DPR RI Daerah Pemilihan Sulawesi Tengah.

Karena kalau tidak diperbaiki maka kendaraan tidak dapat melintas,bahkan terkadang kalaupun dipaksakan melintas motor ataupun mobil akan tertinggal dilumpur akibatnya warga tidak dapat berbuat banyak guna menjalankan rutinitas sehari hari baik perdagangan,maupun hasil pertanian.

Seperti yang telah diketahui bahwa Kecamatan Rio Pakava terdiri dari 14 Desa.Merupakan Kecamatan terluas di Kabupaten Donggala dengan Luas wilayah 872,16 km2 atau 16,53 persen dari luas Kabupaten Donggala berjarak 205 km dari Ibukota Kabupaten dengan 14 Desa yang seluruhnya merupakan Desa non-pesisir, Ibukota Kecamatan di Desa Lalundu.

14 desa itu adalah Towiora,Polanto Jaya,Minti Makmur,Tinauka,Polando Jaya,Bukit Indah,Pantolobete,Lalundu,PancaMukti,Rio Mukti,Bonemarawa,Pakava,Ngovi,Mbulava.

Reporter : M.NurNas.