Pusat Perbelanjaan Pertokoan Harian Shooping Centre Limboto Kabupaten Gorontalo Hangus Terbakar

0
472

Portalmetro.com – Provinsi Gorontalo Indonesia, Kebakaran yang menimpa Lokasi Pusat Perbelanjaan Pertokoan harian shooping Centre Limboto Kelurahan Kayubulan kecamatan Limboto Kab.Gorontalo Jumat tanggal 2 Maret 2018 sekitar pukul 22.00 wita.

Berdasarkan informasi dari beberapa warga masyarakat sumber api tersebut berasal dari bagian tengah Shooping Centre Limboto dan tepatnya berada diantara sekitar lapak penjual kue milik salah satu warga bernama Salman alias Ka Saman dan Toko Sepatu milik H.Hamka Akibun.

Diduga  kebakaran tersebut dipicu oleh adanya hubungan arus pendek listrik sehingga nyala api tersebut dengan sangat cepat membesar dan merembet kebeberapa lapak lainnya yang berisi pakaian dan sepatu serta barang lainnya yang mudah terbakar.

Selang beberapa saat kemudian,nyala api tersebut merembet dan menghanguskan seluruh pertokoan yang berada di lantai dua sebelah Barat, Utara dan Timur dan sebagian pertokoan yang berada dibagian bawah sebelah Barat dan tengah.

Tidak banyak isi toko dan lapak lainnya yang dapat diselamatkan oleh Pemiliknya maupun oleh warga masyarakat sekitar,mengingat situasi saat itu seluruh pertokoan dan lapak jualan sudah dalam keadaan tutup,sehingga diantara dari beberapa pemilik toko baru mengetahui disaat nyala api sudah membesar dan tidak dapat berbuat banyak untuk menyelamatkan barang-barang dagangan mereka.

(Foto : Saat terjadi kebakaran yang menghanguskan seluruh Toko Pasar Limboto kab.Gorontalo).

Saat peristiwa kebakaran berlangsung,sebanyak 10 Pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api,termasuk 1 Unit Mobil AWC Polda Gorontalo,2 Unit Damkar Kab.Gorontalo,1 Unit Damkar BPBD Kab.Gorontalo 3 Unir Damkar Kota Gorontalo,1 Unit Damkar Kab.Bone Bolango,dan 2 Unit Damkar Kab.Gorontalo utara.

Saat proses pemadaman api berlangsung,sebagian personil Anggota Polres Gorontalo dan Anggota Polsek Limboto dibawah Pimpinan Kapolres Gorontalo AKBP Purwanto, SIK.,MH.

Melakukan pengamanan lokasi dari adanya oknum penjarahan serta ikut membantu melakukan evakuasi barang-barang milik masyarakat yang masih dapat diselamatkan untuk dipindahkan ketempat yang lebih aman.

Proses pemadaman api berlangsung kurang lebih selama 5 jam dan berakhir pada hari Sabtu tanggal 3 Maret 2018 pukul 03.15 wita dan selanjutnya saat ini mobil damkar sedang melakukan proses penyemprotan untuk pendinginan diarea kebakaran.

Peristiwa kebakaran tersebut tidak terdapat korban jiwa namun kerugian materil ditaksir sekitar 5 Milyar Rupiah.

Namun Seluruh bangunan lantai dua Shooping Centre Limboto hangus terbakar,dan sebagian bangunan lantai 1 sebelah barat, tengah dan lapak-lapak bagian selatan ikut ludes terbakar.

Saat kebakaran terjadi Babinsa Kodim 1304/ Gorontalo juga Membantu warga memadamkan Api dan mengevakuasi barang barang yang masih bisa di selamatkan dan membantu Damkar untuk memadamkan api serta senantiasa stanbay di lokasi mengantisipasi adanya tindak kriminal pencurian barang barang yang sempat di selamatkan.

Pihak Pemda Kabupaten Gorontalo rencana akan membangun 32 Lapak pasar sementara dan akan mendatangkan Tim Forensik dari Makassar guna mengetahui penyebab pasti dan kerugian yang di alami akibat kebakaran.

Reporter : Tim Portalmetro.com