Masyarakat & Pengojek Kecamatan Seko Tuntut Jalan Seko Kabupaten Luwu Utara SulSel Segera Diperbaiki

0
978

Portalmetro.com – Luwu Utara Sulawesi selatan Indonesia,Masyarakat Seko dan Tukang ojek,menuntut secepatnya perbaikan jalan trans Sulawesi Ke Seko yang sudah rusak parah selama berpuluh-puluh tahun,karena sepanjang jalan itu dari Mabusa ada enam titik tempat warga menagih Rp.10 ribu setiap titian (para-para,bahasa setempat).

Tampak titian yang mana ada penunggunya meminta uang,setiap titian Rp.10 ribu di bayar,jadi sekali jalan kantong terkocek Rp.60 ribu rupiah.

Begitupun sebaliknya,jika dihitung semuanya pulang pergi Rp.120 ribu rupiah,sehingga tarif ojek meningkat,apalagi musim hujan seperti saat sekarang Meningkat Rp.800 ribu sekali jalan,Demikian ungkapan warga masyarakat Desa Beroppa Kecamatan Seko,Kabupaten Luwu Utara,di tempat ojek Seko di Sabbang,Pada Jum’at (2/3/2018).

Beberapa Kepala Desa di Kecamatan Seko,mendesak Pemerintah untuk perbaikan jalan karena sudah lama merindukan jalanan untuk diperbaiki.

Ditemui salah satu warga Seko bernama Mirsan,menuturkan pada Portalmetro.com bahwa jalanan yang rusak parah ini,sudah berlangsung lama sekali,sudah puluhan tahun,mulai dari terbentuknya Kabupaten Luwu Utara sampai berita ini ditulis masih begitu jalannya.

“Kami dengar informasi Pemerintah kabupaten,Provinsi dan Pusat sudah menggelontorkan Dana DAK dan DAU sebesar Rp.24 Milyar ke Seko,tetapi belum direalisasikan ,Kami warga Seko merasa masih belum merdeka,soalnya akses jalan kami belum diperbaiki,semoga cepat diperbaiki supaya roda perekonomian warga lancar dan tidak ada lagi pungutan di para-para (titian yang swadaya warga xari desa lain diluar kecamatan Seko,”ungkap Mirsan.

Termuatnya berita ini warga Kecamatan seko sangat berharap Agar Pemerintah Provinsi Sulawesi selatan,Kabupaten dan Pusat Memperhatikan Jalan trans sulawesi kecamatan Seko segera diperbaiki dan Wakil Rakyat (Anggota DPRD kabupaten,Provinsi Maupun Pusat diharapkan menyuarakan Aspirasi warga seko agar segera menindak lanjuti hal ini sebagai mana fungsi dan tugas Legislatif dalam memerankan tugasnya sebagi wakil Rakyat .

Reporter : Yustus/Gidion.