Pemerintah Desa Bambaira Gelar Musrenbang Penetapan usulan (TA.2018)

0
408

Portalmetro.com – Bambaira Sulawesi Barat Indonesia,Dalam rangka Pembahasan Pengusulan Program yang akan ditetapkan dalam perencanaan Tahun Anggaran (TA.2018) Pemerintah Desa Bambaira Kecamatan Bambaira Kabupaten Pasangkayu gelar Musrenbang di Aula kantor Desa Bambaira,Rabu (14/02/2018).

Kegiatan ini dibuka Kepala Desa (Kades) Bambaira H.Syafruddin yang di hadiri  Ketua BPD Desa Bambaira Nahar, BKTM Bambaira Brigpol Wira Darmawan, para Pendamping desa ( Desa sampai Kabupaten) para Kepala dusun, anggota BPD dan puluhan masyarakat lainnya.

Pada tahun 2018  total anggaran untuk Desa Bambaira capai Rp. 1.664.849.000, dengan rincian Dana Desa Rp. 803.296.000, DBHP ( Dana bagi hasil pajak ) Rp.10.407.000 dan ADD Rp. 851.146.000.

Dalam sambutannya,Kades Bambaira H.Syafruddin menyatakan bahwa hal yang  pertama yang akan dilaksanakan adalah merupakan program skala prioritas dari usulan masing-masing Dusun.

Musrenbang ini untuk menentukan program mana saja yang menjadi skala prioritas untuk dilaksanakan di Tahun 2018 ini.

” Adapun program prioritas yang anggarannya tidak dapat didanai oleh Pemerintah Desa, maka program tersebut akan diserahkan ke Pemda ” ungkap Syafruddin (Kades).

Ditempat yang sama, BKTM Brigpol Wira Darmawan meminta kepada Desa untuk lebih meningkatkan bidang Pemberdayaan desa, karena dengan ditingkatkannya bidang pemberdayaan terutama BUMDES (badan usama milik desa) maka akan memberikan income atau pandapatan Desa Bambaira sendiri.

Wira Darmawan juga  mengusulkan agar memasukkan program sosialisasi Narkoba dan sosialisasi anti faham radikal karena hal tersebut sangat penting untuk diketahui oleh masyarakat mengingat faham radikal dapat masuk dilingkungan masyarakan tanpa masyarakat sadar akan hal tersebut.

Sedangkan Ketua BPD Bambaira, Nahar berjanji akan mendukung program Desa yang betul-betul untuk kepentingan masyarakat banyak.

” Anggota BPD selalu mendukung program Pemerintah Desa yang betul-betul dibutuhkan oleh warga” ujar Nahar.

Hadir Pendamping Desa tingkat Kabupaten Matotorang S.ip dan Drs.Faizal,Pendamping desa Kecamatan Imran,Pendamping lokal desa Akbar dan  Pendamping desa teknik infrastruktur Kisman,ST.

Reporter : Agus.

LEAVE A REPLY