HPN Ke-73 Tahun 2018 di Padang Dahlan Iskan Menyebut Persaingan media cetak dan media online sangat Besar Lakukan apa yang anda ingin Lakukan Asalkan sesuai Kode Etik Jurnalistik

0
449

Portalmetro.com – Padang Sumatera Barat Indonesia,Sehari sebelum Puncak Acara Hari Pers Nasional (HPN) ke 73 Di Padang Sumatera Barat pada Kamis tanggal 8 februari 2018 diadakan Konvensi Nasional Media Massa dan tanya jawab Para awak media (wartawan),Para Ketua dan Pengurus PWI daerah,Ketua dan pengurus  SMSI (Serikat Media Siber Indonesia) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat bersama Prof.Dr.Dahlan Iskan.

Konvensi Nasional media Massa dengan tema iklim media yang sehat dan seimbang mempertahankan eksistensi media Massa Nasional Dalam Lanskap Informasi Global.

Prof.Dr.Dahlan Iskan mengatakan persaingan media saat ini sangat besar,banyak pemilik media cetak cenderung lari ke media online,bahkan banyak Redaktur juga wartawan media cetak Besar yang bekerja meninggalkan tempat kerjanya dengan memilih mendirikan media online sendiri yang simple dan mudah,karena dapat menjadi pemilik media itu sendiri.

Perpindahan para redaktur dan wartawan media cetak mendirikan media online tantangan besar pemilik media cetak karena faktor kesejahteraan wartawan.

 

“Silahkan masing masing keluar dari medianya dan mendirikan media sendiri,ataupun karena mendirikan media online sendiri bisa membanggakan diri sebagai pemilik media silahkan saja asal sesuai kode etik jurnalistik”.ungkap Dahlan Iskan.

Ditambahkan Dahlan Iskan Melihat kenyataan yang baru saat ini banyaknya wartawan memiliki media on line sendiri lebih baik dari pada bekerja dimedia cetak silahkan akan tetapi sesungguhnya bekerja di media cetak meskipun gajinya Rendah juga jauh sangat lebih baik.

“Persaingan media saat ini sangat bebas,Lakukan apa yang anda mau lakukan pada zaman ini,Asalkan sesuai Niat Baik dan sesuai Kode etik Jurnalistik dan jangan melanggar kode etik jurnalistik
Silahkan mendirikan media berbasis online (website.com) sendiri sendiri meskipun pada kenyataannya ini akan berpengaruh besar pada media cetak dikarenakan para wartawannya sudah memiliki media online sebab Pendapatan perbulan media online sangat besar mencapi 70 persen hal itu dilakukan sebagai langkah terbaik meskipun eksistensi kerja para wartawan media cetak saat ini akan terus kehilangan wartawannya sehingga persaingan ini menjadi persaingan yang sangat bebas yang penting bisa dilakukan,tetapi ingat jangan memeras”ungkap Dahlan iskan.

Dahlan iskan juga menyebut Mengapa terjadi seperti hal ini sebab masyarakat kita masih melihat kultur bagi bagi karena berkaitan dengan Anggaran,kedekatan emosional, termasuk ikatan dengan nilai Banner iklan (advertorial) dan diprediksi hal ini akan berkepanjangan sepanjang 5 sampai 10 tahun kedepan”jelas Dahlan Iskan.

Pada pernyataan Itu dikutip bahwa mendirikan sebuah media tetap harus mengacu pada kode etik jurnalistik dalam mendirikan media massa termasuk didalamnya adalah,independen,tidak memberitakan berita hoax,ber etika, dan dibutuhkan Perusahaan yang jelas dan tentunya sesuai syarat dan ketentuan sebagai mana pada ketentuan pendirian media cetak maupun online mempunyai payung Hukum yang Kuat.

Penulis : M.NurNas