Rumah Ibu Bisu Di Luwu utara Sulsel Butuh Bantuan Rehab

0
426

Portalmetro.com – Luwu utara Sulawesi selatan Indonesia,Seorang ibu bisu Bernama pepe, mempunyai dua anak yang baru Duduk dibangku Sekolah Dasar (SD) kelas V yang satu baru berumur satu tahun dengan suami bernama Ali.

Mereka bertempat tinggal digubuk reot dengan berukuran 3×6 m miliknya, di dusun Salukarondang,Desa Dandang,Kecamatan Sabbang,Kabupaten Luwu Utara,Sulawesi Selatan(Sulsel).

Hingga saat ini belum mendapatkan bantuan dari Pemerintah kabupaten Luwu utara,begitupun juga tetangga dari ibu bisu ini sama-sama belum pernah mendapatkan bantuan dari pemerintah,masih ada tiga rumah kepala keluarga (KK) sama dengan Imma(nama ibu bisu) tidak dilihat pemerintah Desa.

Ketiga keluarga ini bernama Mulyanto – Ismawati, keluarga Jukil – Dini dan Firmansyah – Dini Putri,semuanya tinggal bertetangga di Dusun Salukarondang.

Keluarga ini memang warga miskin yang layak dibantu,tapi hanya dilihat sebelah mata oleh pemerintah desa Dandang,kasihan.

Warga Salukarondang yang tidak mau dimediakan namanya, mengatakan yang mendata itu siapa? Ini tidak adil ada warga yang layak dibantu tapi dibiarkan karena sistem keluarga.

Dari pantauan wartawan media portalmetro.com ,Yustus,ibu bisu (pepe) Imma dan suaminya Ali baru – baru ini keluar namanya di PKH( Program Keluarga Harapan),sedang ketiga Kepala Keluarga tidak ada namanya keluar di PKH.

Imma (ibu bisu) tinggal dengan suaminya Ali dengan anak dua digubuk tua yang sudah reok berdinding papan dan dapur dinding pelepah sagu yang sudah lapuk pula.

Atap gubuk keempat keluarga ini sudah bocor-bocor dan berlantai tanah.

Menurut pengakuan Ali suami Imma ibu bisu,sudah puluhan tahun dirinya tinggal dengan istri yang bisu digubuk bersama anaknya dan baru gelombang ke tiga PKH nama istri saya baru-baru keluar,itupun diributkan di koran.

“Kami hanya hidup dengan pekerjaan tak menentu,sambil mengojek kalau pada hari pasar Tarue (Rabu dan Sabtu)”ungkap Ali.

Ali mensyukuri rencana Allah pada keluarganya yang hidup harmonis dengan istrinya meskipun mengalami bisu yang juga Ketiga keluarga tetangga tidak terdaftar di Program Keluarga Harapan.

Reporter : Gidion/jus .

LEAVE A REPLY