HPN 2018 Disebut Miliki Acara Terpadat Sepanjang Sejarah

0
346

Portalmetro.com – Padang Sumatera Barat Indonesia,

HPN 2018 diawali dengan pameran kebudayaan.

Rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018 dimulai pada Kamis (1/2), melalui pameran kebudayaan di Kompleks Taman Budaya, Padang, Sumatra Barat. Ketua PWI Sumatra Barat Heranof Firdaus menyebutkan  sudah ada 35 rombongan yang menyatakan kehadirannya di puncak peringatan HPN 2018 nanti.

Ia menyebutkan, peringatan HPN 2018 di Sumatra Barat digadang-gadang sebagai peringatan HPN dengan acara terbanyak sepanjang sejarah. Bagaimana tidak, belum juga sepekan menjelang puncak peringatan, penyelenggara sudah memulai dengan berbagai acara pendahuluan.

“Nah acara ini kick off, sejak hari ini sengaja kami tendang untuk meramaikan HPN 2018,” katanya.

Heranof menyebutkan, peringatan HPN 2018 di Sumatra Barat memiliki arti tersendiri. Konsep awal Hari Pers Nasional, lanjutnya, dicetuskan di Sumatra Barat pada tahun 1978 silam. Setelah melalui pengupayaan yang panjang, akhirnya Presiden Soeharto menginisasi HPN pertama tahun 1985. Sumatra Barat sendiri pernah menjadi tuan rumah peringatan HPN pada tahun 1988.

“Nah ini 30 tahun kemudian baru jadi tuan rumah lagi,” katanya.

Selain pameran kebudayaan yang sudah dimulai, rangkaian acara Hari Pers Nasional 2018 di Sumatra Barat akan diikuti kegiatan lainnya. Tanggal 5 Februari 2018 misalnya, Pemprov Sumbar mengadakan kegiatan ‘Fam Trip’ ke lima kabupaten/kota di Sumatra Barat yakni Padang, Bukittinggi, Tanah Datar, Limapuluh Kota, dan Agam. Kegiatan ‘Fam Trip’ akan diikuti tamu undangan termasuk insan pers hingga tanggal 9 Februari 2018.

Selain itu, bakal diadakan loma foto, video, dan pameran pers bertema ‘Destinasi dan Infrastruktur di Sumatra Barat’. Acara yang digelar di Museum Adityawarman Padang ini bakal berlangsung dari tanggal 6 hingga 9 Februari 2018. Hari Pers Nasional 2018 juga bakal dimeriahkan oleh pementasan seni kolosal yang mengangkat kisah Malin Kundang, berjudul Pinyangek Siso Api. Pertunjukan ini bakal digelar pada 6 Februari 2018 di Kawasan Danau Cimpago, Kota Padang.

Masyarakat umum juga bakal disuguhi pentas musik Minang yang menampilkan penyanyi kondang Elli Kasim dan Upiak Isil pada 6 Februari 2018 di Kawasan Pantai Muaro Lasak, Kota Padang.

Tak hanya itu, artis skala nasional lainnya yakni Kotak, akan tampil menghibur tamu undangan di HPN 2018 dan masyarakat umum bersama grup musik bentukan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, IP Band. Kotak dan IP Band bakal unjuk kemampuan musik pada 7 Februari 2018 di Pantai Muaro Lasak, Kota Padang.

Menuju acara puncak HPN 2018, bakal digelar acara makan bajamba atau tradisi makan bersama khas masyarakat Minang pada 8 Februari 2018. Acara yang digelar di Kompleks Museum Adityawarma ini bakal dihadiri oleh Presiden Jokowi dan jajaran Menteri Kabinet Kerja.

Selanjutnya, acara puncak Hari Pers Nasional 2018 bakal digelar pada 9 Februari 2018 di kawasan Pantai Muaro Lasak hingga Danau Cimpago, Kota Padang, Sumatra Barat.

Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan pameran kebudayaan merupakan langkah yang apik untuk memulai rangkaian peringatan HPN 2018.

Menurutnya, pers merupakan bagian dari kebudayaan. Perjalanan pers di Indonesia juga tak lepas dari dinamika budaya di setiap daerah.

“Agenda HPN padat, tapi kami ingin perlihatkan sisi-sisi yang lebih halus dengan pameran budaya ini,” kata Hilmar

Dikutip : Republika.com/Sapto Andika Candra