Mewakili Bupati Sekda Takalar ikuti HGN ke-58 Tahun Dinas Kesehatan Melalui Persagi Resmi Dibuka DiTribun lapangan H.Makkatang dg.Sibali

0
473

Portalmetro.com – Takalar Sulawesi selatan Indonesia,Dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional (HGN) Ke 58 Tahun 2018,Dinas Kesehatan Kabupaten Takalar melalui Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) Kab.Takalar.

Mengadakan perayaan hari gizi nasional yang dibuka secara resmi oleh Bupati Takalar diwakili oleh Sekda Takalar DR.Ir.H.Nirwan Nasrullah,M.Si,di tribun lapangan H. Makkatang Dg.Sibali Jum’at (26/01/2018).

Ketua Panitia PERSAGI Takalar Ruslan Ali  selaku penyelenggara dalam laporannya bahwa pada HGN Kab.Takalar tahun ini mengangkat Sub tema : Mewujudkan Kemandirian keluarga dalam 1000 Hari Pertama kehidupan (HPK) untuk pencegahan stunting dengan tujuan kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan kerja bersama antara pemerintah, baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/kota.

Selain dari Pemerintahan, juga perlu melibatkan pihak swasta dalam pembangunan pangan dan gizi, meningkatkan keterlibatan praktidi kesehatan dan non kesehatan serta mitra pembangunan dalam bidang kesehatan, meningkatkan peran media massa dalam kampanye tentang stunting serta meningkatkan peran citizen journalisme dalam isu pencegahan stunting untuk memerangi kemiskinan di indonesia.

HKN 2018 ke 58 ini diawali dengan senam massal dan pemotongan tumpeng oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kab.Takalar didampingi Sekda Takalar dan Kepala dinas kesehatan,Kepala Kementerian Agama Kab. Takalar, para pimpinan OPD, Para Kepala Puskesmas serta seluruh anggota PERSAGI kab.Takalar hadir dalam giat tersebut.

Sekda takalar Dr. Ir.Nirwan Nasrullah Msi,mewakili Bupati  takalar saat membuka HGN dalam sambutannya mengatakan bahwa dengan adanya momentum HGN ke 58 ini, kita dapat bersama-sama melakukan langkah strategis memperbaiki status gizi masyarakat dengan menurunkan stunting, sebagai investasi bangsa untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing.

Sekda juga berharap agar pemerintah dan seluruh masyarakat dapat bekerja bersama secara terintegrasi untuk mencegah stunting dengan  fokus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK).

“mewakili Pak Bupati, saya menyampaikan bahwa kepada seluruh stakeholder untuk tetap mendukung dan mensukseskan kegiatan Bupati Takalar terkait program prioritas, diantaranya Gerakan Tangkasa’na Gammara(Tasamara).”Ungkap Ir. Nirwan Nasrullah dalam sambutannya.

Sementara Ketua Tim Penggerak PKK kab.Takalar DR.Hj.Irma Andriani,S.Pi.,M.Si, juga sangat mengharapkan semua pihak terutama pihak dinas kesehatan untuk memperkenalkan kepada masyarakat makanan jenis lauk yang berasal dari rumput laut.

“Saya juga berharap dimomentum HGN ini kedepannya perlu adanya pemberdayaan beberapa jenis makanan dari rumput laut dan ini diprogramkan oleh pihak Dinas terkait,  agar semua makanan bisa berbau rumput lauk, karena rumput laut merupakan makanan komuditas unggulan selain jagung.” Ujar Dr. Irma.

Reporter : Leo