Menteri PPPA Deklarasi Kabupaten Layak Anak Di 11 Kabupaten/kota Dilapangan H.Makkatan Dg.Sibali

0
309

Portalmetro.com – Takalar Sulawesi selatan Indonesia, Pemkab Takalar Menggelar deklarasi serentak di sebelas kabupaten  sulawesi Selatan bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Prof.Dr.Yohana Susana Yembise.

Deklarasi bersama tersebut menuju Kabupaten Layak Anak (KLA) digelar di lapangan Makkatang Dg Sibali Takalar, pada Jumat (26/1/2018).

Sebelas kabupaten tersebut yaitu Takalar, Sidrap, Bulukumba, Sinjai, Luwu, Kota Palopo, Pinrang, Barru, Enrekang, Selayar,dan Toraja Utara.

Daerah ini dinilai oleh kementerian PPPA sebagai daerah yang memiliki keberpihakan terhadap hak anak.

Dalam deklarasi ini di hadiri langsung oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI  Prof. Dr. Yohana susana Yembise, Dipl. Apling,Ma., Staf Ahli Pemerintahan Setda. Prov.SulSel mewakili Gubernur SulSel, Bupati Takalar H.Syamsari,S.Pt.,MM, Wakil Bupati Takalar,Sekda Takalar, para pejabat teras Lingkup Pemda Takalar, para pejabat dari 11 kabupaten/kota  di SulSel, pemerhati anak se SulSel, serta forum anak kab. Takalar.

Menteri Yohana  arahannya menekankan tentang pentingnya keberpihakan pemerintah terhadap hak anak dan perempuan.

“Ini menjadi tugas berat bagi seluruh pimpinan-pimpinan daerah untuk memperhatikan anak-anak, memberikan haknya serta memberikan perlindungan khusus bagi mereka termasuk juga bagi perempuan,” kata Yohana.

Yohana menambahkan kementeriannya sedang merancang seluruh Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak akan memiliki UPTD agar memaksimalkan pelayanan terhadap perempuan dan anak di Indonesia.

Sebab, suatu negara dikatakan belum maju dan masih miskin bila perempuan belum berada dalam garis aman.

“Indonesia masih belum, kekerasan terhadap perempuan masih dianggap biasa-biasa saja apalagi anak-anak. Padahal perempuan dan anak adalah aset. Harus kita perhatikan mereka jika negara ingin maju. Kedepan Semua dinas apabila disetujui maka akan memiliki UPTD dan tidak bergabung dengan yang lain agar lebih fokus dalam mengurusi masalah perempuan,” paparnya.

Untuk diketahui, saat ini ada 453 kabupaten/kota di Indonesia yang dikukuhkan sebagai Kabupaten Layak Anak .

Reporter : Leo

LEAVE A REPLY