Polres Diskusi Tentang Pos kamling Bersama Pemkab Pasangkayu

0
478

Portalmetro.com – Pasangkayu Sulawesi barat Indonesia,Polres Mamuju utara dan Pemerintah Kabupaten Pasangkayu Diskusi Tentang Pengadaan Poskamling ditiap tiap desa,kecamatan dan kelurahan.

Tanya jawab/Diskusi atau biasa disebut dalam bahasa inggris FGD (FOCUS GROUP DISCUSSION) Dilaksanakan pada Kamis (18/01/2018) pukul 09.00 sampai dengan pukul 11.30 wita bertempat di Aula Wira Satya Polres Matra.

Diskusi Bertemakan “Poskamling sebagai Basis deteksi dan Antisipasi dini, Harkamtibmas dan wadah komunikasi” yang diHadiri wakapolres Kompol Mihardi didampingi kasat binmas Akp.Abdul Muthalib carlos dan Kepala dinas Pmd,Camat,kades, para Lurah se kabupaten Pasangkayu dan seluruh personil Bhabinkamtibmas.

Sambutan dan pembukaan resmi oleh Wakapolres Matra Kompol.Mihardi (mewakili Kapolres Matra)
Sekaligus Pembawaan materi oleh Wakapolres Matra dan Kadis PMD.

Wakapolres Matra Kompol Mihardi, mengatakan pada sambutannya bahwa Pos Kamling memiliki kedudukan strategis dan taktis dalam harkamtibmas,penerapan sistem keamanan lingkungan secara mendasar dan menjadi wadah pemersatu dan Pos Kamling secara hakiki merupakan konsep dasar keamanan lingkungan yang penting dan seharusnya mengakar di masyarakat.

Pos Kamling sebagai kepanjangan tangan Perpolisian masyarakat dan sekaligus membantu terlaksananya kondusif Kamtibmas ,Dapat dilaksanakan secara swadaya / swakarsa serta berbasis kearifan lokal.

Diharapkan Membangun Pos Kamling secara bersama dan dilaksanakan secara terpadu, sesuai kebutuhan masyarakat setempat serta tercipta kemajuan keamanan oleh 4 Pilar (Kades/Lurah, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan Penyuluh Agama).

Karena Secara teknis, Bhabinkamtibmas berperan besar dan memiliki kewenangan besar dalam cipta Kamtibmas mulai dari tingkat Desa / Kelurahan dan Pos Kamling diharapkan sebagai basis kuat mendeteksi kejahatan, antisipasi tindak pidana, perkuat silaturahmi dan penyelesaian masalah sosial kemasyarakatan.

Reporter : M.NurNas
Sumber info : Polres Mamuju utara.