Direktur Politik Dalam Negeri, Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu diKab.Mamuju utara Sulbar

0
455

Direktur Politik Dalam Negeri, Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu diKab.Mamuju utara Sulbar

MediaPortalMetro.com
Pasangkayu – Sulawesi Barat Indonesia,DR.Drs.Bahtiar, M.Si.(Direktur Politik Dalam Negeri, Kemendagri RI berada Dipasangkayu Kab.Mamuju utara Sulawesi barat.

Dalam Rangka sosialisasi dan sekaligus sebagai pembicara pada acara Sosialisasi Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu.

Acara sosialisasi yang dilaksanakan Bagian Pemerintahan Umum Setdakab Mamuju Utara bekerja sama dengan LPP Mitra Edukasi Selasa/19/12/2017.diAula Hotel Devonder, Jalan I Gusti Ngurah Rai, Kelurahan Pasangkayu, Kecamatan Pasangkayu Kab.Mamuju Utara.

Dirjen Politik Dalam Negeri DR.Drs. Bachtiar, Mengatakan Tidak akan ada Demokrasi di Negara Indonesia jika  Partai Politik dihilangkan dan 19 Tahun Negara Indonesia menganut sistem Kepartaian sampai sekarang belum ada perubahan kultrul yg ditanamkan dalam Sistem Pemerintahan.

” Undang-Undang Kepartaian mesti ada perubahan dikarenakan banyaknya Kasus OTT(operasi tangkap tangan) yg dilakukan Partai politik dan Jumlah DPR RI 561 Orang setiap Pemilihan bertambah dikarenakan penentuan berdasarkan Jumlah Penduduk”.ungkap Dirjen.

Dirjen Politik Dalam Negeri juga Memberikan Rumusan Pemaparan tentang Perkembangan Indeks Demokrasi Indonesia (IDI) Tingkat Pengenalan terhadap Caleg,Substansi Pemilu,Tujuan Penyatuan UU Pemilu,Grand Design Pemilu Serentak ;Bawaslu,KPU dan DKPP. Tentang Proses Pelaksanaan Pemilu,Penyusunan Daftar Pemilih,Alokasi Kursi Perdapil
,Metode Konversi Suara ke Kursi,Peran Pemerintah dalam penyelenggaraan pemilu,Pendidikan politik Pemilih dan Upaya Peningkatan Partisipasi politik masyarakat.

Acara sosialisasi dihadiri Para Pejabat Tinggi Mamuju utara,H.Muh. Saal, (Wakil bupati Mamuju Utara), H. Lukman Said, S.Pd.(Ketua DPRD Mamuju Utara),Drs. H.M.Natsir, MM, (Sekdakab Mamuju Utara),Ishak Ibrahim, SH (Ketua KPU Mamuju Utara),Kompol Tandi Ruru (Kabag Sumda, Polres Mamuju Utara),Syamsuddin, SH (Ketua Panwaslu Mamuju Utara),Para Pejabat Eselon II dan Pimpinan OPD lingkup Pemkab Mamuju Utara serta Para pimpinan Parpol Calon Peserta Pemilu 2019 Kab Mamuju Utara .

Beserta Para anggota DPRD Mamuju Utara,Para komisioner Panwaslu kecamatan se-Kab Mamuju Utara, Para Camat / Lurah
se-Kab Mamuju Utara dan Para ASN instansi terkait lingkup Pemkab.

Ketua DPRD Mamuju Utara H. Lukman Said,mengatakan Pada acara sosialisasi dalam sambutannya bahwa Ini adalah kegiatan selama 5 (lima)Tahun di selenggarakan Sosialisasi UUD Pemilu Tahun 2017 di Kab.Mamuju utara dan kegiatan ini menyeluruh di selenggarakan Negara RI.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi Pemerintah Daerah  khususnya bagi Partai politik peserta Pemilu Tahun 2019 mengingat Tahun ini merupakan Tahun Politik dan Mengharapkan kepada para peserta sosialisasi terutama parpol calon peserta pemilu 2019 agar benar-benar mencermati apa yang disampaikan  direktur Politik Dalam Negeri”ungkap ketua DPRD. ***Reporter M.NurNas***