Bantuan Kementerian Perumahan PUPR DiParigi Moutong Sulteng Tidak Tepat Sasaran

0
606

Bantuan Kementerian Perumahan PUPR DiParigi Moutong Sulteng Tidak Tepat Sasaran

MediaPortalMetro.com-Parigi Moutong-Sulawesi tengah Indonesia,Bantuan pembangunan perumahan khusus dari Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) tahun 2016 untuk masyarakat miskin yang berprofesi nelayan di Desa Tindaki, Kecamatan Dolago Parigi Selatan, Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) diduga salah sasaran.

Menurut warga setempat, dari 50 Kepala Keluarga (KK) yang mendapat bantuan ini, sebagian besar diragukan nelayan, diluar kata layak sebagai penerima bahkan ada yang berasal dari desa lain.

Sementara masih ada nelayan di Desa Tindaki yang layak dapat bantuan namun tak kebagian.

” Hanya ada 10 orang di desa ini yang dapat bantuan kami anggap murni nelayan karna mereka benar pelaut dan memiliki kartu nelayan. Diluar itu kami sangsi bahkan ada yang diambil dari desa lain. Kalau bicara layak, masih ada ko’ nelayan di desa ini yang layak tapi tidak diberikan, ini yang kami sesalkan,” ungkap salah seorang warga keMediaPortalMetro.com saat wawancara didesa.Tindaki Sabtu (16/12/2017).

Ia menuturkan, penerima bantuan ini justru ada yang berprofesi sebagai guru honor, ada juga sebagai pedagang.

Adapun yang berasal dari desa sebelah ini kata dia, mereka mengambil keterangan domisili setelah mendapat jata bantuan rumah dari aparat pemerintah desa.

Sementara dari salah satu sumber yang tidak ingin disebut namanya kepada media ini mengungkapkan, Masih ada sejumlah rumah yang diduga sengaja dikosongakan.

Menurut sumber, rumah yang dikosongkan ini disinyalir jata sejumlah oknum aparat desa setempat.

” Ada beberapa rumah itu diduga sengaja dikosongkan. Berdasarkan info yang kami terima, rumah itu akan diberikan kepada sejumlah oknum aparat desa Tindaki. Aneh karena mereka bukan nelayan dan kami nilai itu tidak layak mendapatkan bantuan rumah ini,”
ungkap sumber.

Pantauan mediaPortalMetro.Com  Sabtu/16/12/2017 rumah khusus program Persiden RI Joko Widodo ini memang telah ditempati.

Padahal kata warga, belum diresmikan. Warga berharap, setelah diresmikan pemerintah kembali melakukan verifikasi siapa yang layak dan tidaknya penerima bantuan ini.

Termuatnya berita ini harapan warga Parigi moutong sangat besar agar pemerintah maupun pihak terkait pada pengelolah bantuan perumahan rakyat secepatnya dibenahi agar tidak menjadi polemik warga dan tidak mencoreng visi misi Presiden Ir. H.Djoko widodo agar kedepannya kementerian PUPR memporsikan bantuan rumah kedaerah daerah melalui kementerian pusat RI sesuai harapan rakyat tepat sasaran dan terasa untuk warga yang tidak mampu (miskin) sebab Terbangunnya perumahan ini adalah uang negara/dana Negara tak lain uang Rakyat juga dari Hasil pajak APBD maupun APBN . ***Reporter Ardi Djafar***

LEAVE A REPLY