Bupati Toli toli H.Moh.Saleh Bantilan SH,MH Dinobatkan Sebagai Raja

0
697

Bupati Toli toli H.Moh.Saleh Bantilan SH,MH Dinobatkan Sebagai Raja

MediaPortalMetro.com
Toli toli – Sulawesi tengah Indonesia-Matanggauk Adalah proses acara pengukuhan raja jika dimasa lampau itu berkaitan dengan kekuasaan akan tetapi dimasa kini penobatan Raja adalah sebagai pemangku adat yang menjadi panutan bagi seluruh masyarakat tolitoli.

Pesta budaya akbar Penobatan Raja Tolitoli (Pemangku adat) “MATANGGAUK  GAUKAN TOLITOLI” Minggu/10/12/2017.diPantai Gaukan Bantilan Kelurahan Nalu Kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli.

(Foto : Acara Pesta budaya penobatan Raja toli toli “Matanggauk gaukan”) 

Prosesi pesta budaya akbar penobatan raja toli toli disambut khusus dengan pagelaran tari tradisional penyambutan (maragai dan moduai ) dan Pembukaan acara oleh ibu Hardawati SE.

Selain itu pembacaan sinopsis tentang kerajaan tolitoli oleh Husniar S.sos dan Iksan Jamrin S.sos.

Sekaligus Prosesi matanggauk gaukan tolitoli Penobatan raja tolitoli oleh Harsono Bantilan (paman dari Dr.(Hc) H. Moh. Saleh Bantilan SH,MH,bupati Toli toli.

Pemasangan mahkota oleh bapak Harsono Bantilan dan penyerahan keris pusaka oleh Drs. H. Ibrahim Saudah ( ketua dewan adat tolitoli)
Serta pemukulan gong oleh Gaukan tolitoli diikuti pemukulan 20 tampetalru dan Penanda tanganan prasasti oleh Gaukan H. Moh. Saleh Bantilan SH, MH.

Prosesi adat dihadiri H.Abdul Rahman H. Buding ( Wakil Bupati tolitoli ),KGr.Japto suryo sumarno SH ( keraton surakarta ) ,DR. Adidjoyo Dauda Msi ( staf ahli gubernur sulteng ),Hasan P. Ahmad ( DPR Prov F-Gerindra ),Lucky semen ( DPR Prov F-PDIP ) Letkol Kav.Anker Widianto ( Dandim 1305/ BT ),Letkol Laut Hendry Ballo ( Danlanal Tolitoli ) AKBP M. IQbal Al Qudusy Sik , SH ( Kapolres Tolitoli ) Drs. Ibrahim Saudah MBA , PhD ( ketua dewan adat tolitoli ),H. Iskandar Nasir SH, MM ( Ketua Panitya pelaksana matanggauk ) dan Amran Hi. Yahya ( Wakil Bupati ke 7 tolitoli ).

Serta Para asisten ,  OPD , instansi vertikal BUMN dan BUMD beserta tamu dan undangan hadir kurang lebih 1.500 orang.

H. Iskandar Nasir SH,MM. (ketua Panitia) “Mattagau gaukan” Memberikan sepatah kata tentang prosesi adat
“Matanggau gaukan ” dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini proses acara pengukuhan raja jika dimasa lampau adalah berkaitan dengan kekuasaan akan tetapi dimasa kini penobatan Raja adalah sebagai pemangku adat yang menjadi panutan bagi seluruh masyarakat tolitoli.

Bupati tolitoli H. Moh.Saleh Bantilan SH, MH ( Gaukan tolitoli ) yang dinobatkan sebagai Gaukan Toli toli juga memberikan sambutan pada acara prosesi adat menyampaikan Atas nama pemerintah dan pribadi mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana dan seluruh lapisan masyarakat atas segala partisipasinya sehingga acara “matanggauk gaukan”bisa berjalan tertib dan aman dan kepada tamu dan undangan kami ucapkan selamat datang.

Acara matanggauk secara langsung telah menyajikan acara adat budaya tolitoli dan merupakan kearifan lokal yang perlu ditumbuh kembangkan sebagai bagian dari budaya nasional Indonesia.

“Seorang Raja adalah pelayan bagi masyarakatnya ,raja harus bisa mengayomi dan membantu mengatasi kesulitan rakyatnya, menjadi panutan dan mampu mempersatukan seluruh masyarakat yang berbeda suku dan agama untuk bersama membangun negeri ini” Ungkap Bupati dalam Sambutannya.

Usai bupati memberi sambutannya, dilanjutkan atraksi tari massal dari dinas pariwisata tolitoli dan penyerahan cindera mata dari Raja tolitoli kepada Raja raja undangan diiringi atraksi Rebana massal dan atraksi pencak silat dari Kec.Tolitoli Utara serta Doa bersama dipimpin Ustad Dahlan SH.
***Reporter TimMediaPortalMetro.com***

LEAVE A REPLY