Bagian Umum Pemerintahan dan Setdakab Mamuju Utara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

0
415

Bagian Umum Pemerintahan dan Setdakab Mamuju Utara Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019

MediaPortalMetro.com
Pasangkayu – Sulawesi Barat Indonesia

Bagian Tata Pemerintahan Umum, Setdakab Mamuju Utara
Selasa/5/12/2017, pukul 10.20 wita  diruang rapat kantor Bupati Mamuju Utara, jalan Ir. Soekarno, Kelurahan Pasangkayu,Kecamatan Pasangkayu, Kab.Mamuju Utara Sulbar, Melaksanakan Rapat Koordinasi terkait Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019.

(Foto : Rapat koordinasi penyelenggaraan pemilu 2019 berlangsung) 

Bupati Mamuju Utara H. Agus Ambo Djiwa MP, dan H.Lukman Said, S.Pd. (Ketua DPRD Mamuju Utara) Hadir Pada Rapat kordinasi Penyelenggaraan Pemilu 2019.

Termasuk Mayor Rosadi,S.Pd. (Pabung Kodim Mamuju),dan Kompol Mihardi, dan S.Ik. (Wakapolres Mamuju Utara).

(Foto : Ketua KPUD Mamuju utara Ishak Ibrahim,saat memberikan sambutan / Penyampaian Rapat Koordinasi Penyelenggaraan Pemilu 2019  )

Drs.H.M. Natsir, MM.(Sekdakab Mamuju Utara),H.Makmur, SE, M.Si. (Asistensi Bidang Pemerintahan dan Kesra, Setdakab Mamuju Utara),Andi Rahmat, S.Sos. (Kaban Kesbang & Politik Mamuju Utara),Drs.Irfan Sadek, M.Si (Kadis dukcapil Mamuju Utara),Ishak Ibrahim, SH. (Ketua KPU Kab Mamuju Utara),Harley Wood Suli Jr. (Komisioner KPU Kab Mamuju Utara),Syamsuddin, SH. (Ketua Panwaslu Mamuju Utara),Para komisioner Panwaslu Mamuju Utara,Para pengurus parpol calon peserta pemilu 2019.

Beberapa Petinggi Partai Daerah Mamuju utara menghadiri rapat, termasuk Partai Golkar,Partai Demokrat,Partai PAN,Partai PPP,Partai PDIP, serta Sudirman Suhdi, S.Pd (staf khusus Bupati bidang Pendidikan dan Kesra),dan Darwis P. SH.M.H. (Kabag Hukum Setdakab Mamuju Utara).

Ketua KPU Kab.Mamuju Utara,Ishak Ibrahim, SH.Menyampaikan bahwa jadwal tahapan pemilu 2019 secara umum,KPU Kab Mamuju Utara akan berencana melakukan rapat koordinasi dengan stakeholder terkait penyusunan Dapil dan alokasi kursi DPRD Mamuju Utara pada bulan Januari 2018.

“KPU Mamuju Utara akan tetap memperhatikan kondisi wilayah dan politik dalam menetapkan Dapil dan alokasi kursi” ungkap ketua KPU ishak ibrahim.

Ditambahkan ketua KPU, Mengharapkan kepada partai politik calon peserta pemilu dan stakeholder lainnya agar tetap memberikan masukan terkait penetapan Dapil dan alokasi kursi nanti.

Berdasarkan jadwal yang di tetapkan KPU RI, pada bulan Januari hingga Februari 2018 akan dilakukan sosialisasi dan uji publik setelah itu akan diserahkan kepada Parpol peserta pemilu terkait penetapan Dapil dan alokasi kursi.

Selain itu pada Rapat Kordinasi Penyelenggaraan Pemilu 2019,Ketua DPRD Mamuju Utara H.Lukman Said ,juga menyampaikan beberapa Hal .

Ketua DPRD Mengharapkan kepada Partai politik peserta pemilu agar lebih memahami apa yg menjadi amanah UU No 7 tahun 2017 tentang Pemilu.

Juga Mengharapkan kepada Bupati Mamuju Utara agar lebih intens berkoordinasi dengan pihak Kadus/kepala Dusun dan Kades se-Kab Mamuju Utara tentang pertumbuhan penduduk yang akurat terkait giat pemilu 2019.

“Hal ini untuk menghindari terjadinya konflik horizontal pada saat pendataan atau pemutakhiran data pemilih dan Mengharapkan pada seluruh stakeholder yg berkaitan dengan Pemilu agar tetap berkoordinasi dan bekerja sama sesuai dengan tupoksi masing-masing” ungkap H. Lukman said.

Kepala Dinas kependudukan catatan sipil (Dukcapil ) Drs. Irfan Sadek, Mamuju Utara, juga memberikan penjelasan tentang prosedur penyelenggaran Pemilu 2019.

Dalam penjelasannya Data jumlah penduduk terkini Kab.Mamuju Utara versi Disdukcapil Mamuju Utara (terlampir),dan Data jumlah penduduk versi Dirjen Kependudukan,Kemendagri RI terkini adalah 208.463 jiwa uraian data lengkap tidak terkirim.

Mengharapkan agar jumlah penduduk di atas tidak mengalami penurunan, sehingga akan berakibat pada berkurangnya jumlah kursi DPRD Mamuju Utara.

Dari data yg tertera dalam lampiran kolom Wajib KTP sejumlah 165.359 tsb, bahwa kurang lebih 30℅ belum melakukan perekaman KTP-elektronik.

Bupati Mamuju Utara,H.Agus Ambo Djiwa juga memberikan sambutannya pada rapat koordinasi Pemilu 2019.

Bupati Mengharapkan kepada seluruh elemen yg berkaitan dgn Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 agar tetap berkoordinasi dengan  baik.

Terutama menyangkut sarana pendukung pemilu dan hal-hal yg dapat mengganggu kelancaran penyelenggaraan pemilu.

Setiap data penduduk harus berbasis dusun sesuai dengan layout yang ada di Disdukcapil,Kondisi data penduduk yg di sampaikan oleh Disdukcapil harus tetap diawasi.

Bupati Mengharapkan kepada pihak kepolisian agar tetap berkoordinasi dengan seluruh,stakeholder terkait dalam pengantisipasi gangguan keamanan dalam penyelenggaraan pemilu dan pada pihak KPU Mamuju Utara agar kiranya kondisi Dapil dan alokasi kursi DPRD Mamuju Utara yg sudah ada bisa dipertahankan.

Karena akan berdampak pada kondisi sosial dan politik di pihak partai politik serta Mengusulkan kepada pihak KPU Mamuju Utara untuk disampaikan kepada KPU RI terkait Surat Suara Pemilu 2019 seyogyanya diberi gambar/foto calon DPRD agar lebih memudahkan pemilih dalam memilih calon yg disukai,Ungkap bupati.

Pada rapat koordinasi Penyelenggaraan pemilu 2019 Diskusi dilakukan dan dipandu langsung H.Muhammad Natsir,MM. (Sekretaris Daerah Mamuju Utara).

***Reporter M.NurNas – Sumber Informasi Bag.humas Kesbagpol Pasangkayu***

LEAVE A REPLY