PEMBINAAN DAN RAPAT KOORDINASI FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN KABUPATEN DAN KECAMATAN SE-GORONTALO

0
1764

PEMBINAAN DAN RAPAT KOORDINASI FORUM PEMBAURAN KEBANGSAAN KABUPATEN DAN KECAMATAN SE-GORONTALO

MediaPortalMetro.com
Provinsi Gorontalo Indonesia

Pemerintah Gorontalo melakukan “Pembinaan dan Rapat koordinasi “Forum pembauran kebangsaan Kabupaten dan Kecamatan Se-Kab Gorontalo Tahun 2017 diikuti kurang lebih seratus orang hadir pada kamis 23/11/2017 pukul 10.00 Wita Bertempat Digedung Misfalah Limboto kelurahan Hunggaluwa kecamatan Limboto.

(Foto : pemateri dalam memberikan sambutan kamtibmas AKP Asri SH ( Kasat Binmas Polres Gorontalo )

Rapat koordinasi pembinaan forum pembauran kebangsaan Kecamatan se-gorontalo,turut hadir Drs Selmin Papeo ( Asisten I Setda Kab Gorontalo mewakili Bupati ).

Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki. SIP ( Dandim 1304/ Gorontalo ),Drs Darwin R S ( Kakan Kesbangpol Kab. Gorontalo ) dan AKP Asri SH ( Kasat Binmas Polres Gorontalo ).

(Foto : Foto bersama saat acara berlangsung)

Sambutan pertama Drs Selmin Papeo ( Asisten I Setda Kab. Gorontalo ) sekaligus membuka Acara.

Mengatakan Puji syukur kita panjatkan kehadirat TYME atas nikmat kesehatan kita hingga pada hari ini,kita melaksanakan kegiatan pembinaan dan rapat kordinasi Forum kebangsaan kabupaten dan kecamatan guna dapat membina dan memupuk rasa kebersamaan serta selalu berkoordinasi dalam segala aspek guna terciptanya situasi yang kondusif.

Asisten I setda juga mengatakan mengajak bersama sama menerima materi materi yang dapat kita inplemetasikan di kehidupan sehari hari.

Selain itu Letkol Inf Dadang Ismail Marzuki.SIP ( Dandim 1304/ Gorontalo ) juga memberikan Materi dan tanggapan tentang ancaman kedepan Strategi memperkuat ketahanan adalah sinergitas dan TNI, Polri merupakan pondasi keamanan di setiap wilayah serta TNI Polri merupkan pilar pilar utama untuk menjaga stabilitas keamanan karena dengan situasi yang aman akan membuat masyarakat bebas beraktivitas.

Berbagai ancaman yang dapat mempengaruhi tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di antaranya adalah Proxy War.
Kita harus waspada dengan ancaman yang kemungkinan akan timbul di masa depan diantaranya beberapa krisis krisis yaitu Krisis Energi, Pangan dan Air.

Padat dan tidak nyaman yang akan berdampak pada prilaku dan kriminal sehingga dengan menekan angka kelahiran dan pertambahan penduduk sehingga kebutuhan pangan bisa tercukupi.

Kedepan penggunaan energi akan meningkat untuk itu perlu sumber daya  manusia yang baik serta kesuburan wilayah ekuator merupakan modal energi.Dari 12.6 M penduduk Dunia 10,1 M di Daerah Non Ekuator yang akan berebut mencari pangan di Daerah Ekuator dan 70% Konflik di Dunia karena latar belakang energi.

Letkol Inf.Dadang Ismail marzuki SIP DANDIM 1304/Gorontalo,menambahkan bahwa mari kita menjaga energi kita sehingga negara negara luar akan sulit mengambil energi yang ada di Negara kita.

Sebab ada Beberapa ancaman untuk merusak tatanan dan menjatuhkan Negara antara lain Investasi besar besaran,Hancurkan Generasi Muda dan kekuasaan yg diKuasai Pembuat Kebijakan Dan apabila semua itu terjadi maka akan memunculkan beberapa Konflik di masyarakat,Contoh konkrit jagalah alam yang bergantian dan di lakukan oleh warga setempat serta melaporkan. 2×24 jam setiap ada pendatang kepada pemerintah setempat.

Pesan dan harapan yaitu pendidikan karakter jati diri bangsa sejak dini sehingga anak anak bisa terarah serta pentingnya sinergitas seluruh stakeholder di pusat dan Daerah.

Selain itu Materi juga dibawakan langsung kamtibmas AKP Asri SH ( Kasat Binmas Polres Gorontalo )

Dalam sambutannya sebagai pemateri mengatakan bahwa Peran serta Polri adalah berlandaskan UU No 2 dengan sasaran Tumbuhnya kesadaran dan kepedulian masyarakat terhadap potensi gangguan kamtibmas,Meningkatnya kemampuan masyarakat untuk mengidentipikasi dan menganalisa serta memecahkan masalah,Meningkatnya kesadaran hukum masyarakat ,Partisipasi mayarakat meningkat serta Peristiwa yang mengganggu kamtibmas dapat di Minimalisir.

Terutama Kemanan dan ketertiban dalam hidup yaitu Adanya aturan, Norma, Hukum yang mengatur UU,Mengenal adanya,Hukum Alam
,Adanya kedisiplinan yang berawal dari diri sendiri.

Karena Banyak hal yang mencontohkan tidak adanya kedisiplinan antara lain tidak melengkapi surat surat kendaraan, menorobos lampu merah Dan lain lain.

Dikatakan Peran Polri dalam hal ini dan tugas tanggung jawab polri di bidang keamanan yaitu Kejahatan Konvensional seperti kejahatan jalanan, premanisme, perjudian dan lain lain.
Kejahatan Tarnsnasinal ; Terorisme,Traviking, Monay Loundry, Cuber Crime, perdagangan Orang dll.Kejahatan terhadap kekayaan Negara: Korupsi, ilegal Loging,dan lain lain. Strategi kepolisian dalam pencegahan kejahatan,Pre – Emtif,Pre Vuntif dan Refrsif.

Selain kegiatan rapat koordinasi dan pembinaan Dalam acara juga berlangsung Diskusi publik Tentang perkembangan situasi papua yang dibahas,dibahas pula Adanya Mesin Dindong yang beroperasi di wilayah dan menjadi polemik dimana sebelum di Razia sudah bocor terlebih dahulu,diskusi juga menyarankan tentang penambahan aparat Babinsa dan Babinkamtibmas  satu orang per Desa agar bisa optimal dan bisa memberikan program ke Agamaan.

Setelah acara berakhir dan ditutup panitia pelaksana mengajak bahwa Materi yang di berikan pada kegiatan supaya di print dan di berikan ke masing masing Desa sebagai pedoman,mempelajari Permasalahan tentang Galian C yang ada diKab Gorontalo dan lain lain serta mendengarkan Saran agar mengembalikan Dwi Pungsi ABRI,dan juga Saran untuk mengaktipkan oprasi malam oleh Babinsa dan Babinlamtibmas.

Pembinaan dan rapat koordinasi forum pembauran kebangsaan kabupaten dan kecamatan se gorontalo tersebut menyampaikan kepada elemen masyarakat tentang bahaya dan ancaman laten bangsa Indonesia serta sosialisasi kamtibmas guna inplementasi kehidupan di masyarakat sehingga tercapai keamanan dan stabilitas.

Melalui Diskusi muncul beberapa saran Juga terkait peran serta TNI dan Polri di masyarakat sangat sangat si butuhkan selain sebagai keamanan di minta juga sebagai pemberi kegiatan kegiatan keagamaan dan peran TNI Masuk Desa.

***Reporter TimMediaPortalMetro. com***

LEAVE A REPLY