LP-KPK DISAMBUT BAIK DINAS PENDIDIKAN DAN PMD KABUPATEN GOWA SELAKU (LSM)

0
1021

LP-KPK DISAMBUT BAIK DINAS PENDIDIKAN DAN PMD KABUPATEN GOWA SELAKU (LSM) LEMBAGA RESMI PENGAWASAN DANA DESA DAN DANA BOS SULAWESI SELATAN.

MediaPortalMetro.com
Gowa-Sulawesi selatan Indonesia

Pemerintah Kabupaten Gowa Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menyambut baik kedatangan tim LPKPK (Lembaga Pengawasan Kebijakan Pemerintah dan Keadilan).

 

(foto : LP-KPK KAB.GOWA)

Selaku lembaga Resmi yang di tunjuk atau di rekomendasikan pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk melakukan Pemantauan dan Pengawasan Penggunaan Dana Desa (ADD) dan Dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) lewat Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Selatan.

Menurut kadis Pendidikan DR. Salam, M.Pd saat audiens dengan Ketua LPKPK KOMCAB Gowa di kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa 11 /11/2017 mengatakan kami sangat merespon dengan baik dengan adanya Tim Pemantau dan Pengawasan penggunaan ADD dan BOS.

Pastinya kedepannya Penggunaan Dana pemerintah itu akan semakin terarah.

Bapak Salam juga mengatakan bahwa sekalipun sebelumnya belum pernah ada temuan penyelewengan penggunaan Dana Desa dan BOS tapi kita tetap harus perlu pengawasan juga pemantauan tim ,seperti LP-KPK ,sebagai Pemantau dan Pengawasan sehingga proses evaluasi terus berjalan.

Kami juga berharap mudah-mudahan kegiatan ini berkesinambungan dan bukan untuk tahun ini saja ada tim seperti LP-KPK, tapi mudah-mudahan tahun-tahun selanjutnya pun terus ada agar penggunaan dana pemerintah ini terus tepat sasaran seperti sebelum-sebelumnya. Tambahnya.

Disisi lain, Ketua LP-KPK KOMCAB GOWA mengatakan kami akan melaksanakan amanah ini dengan sebaik mungkin.

Respon baik dan positif oleh pemerintah ini tentunya akan semakin membantu kami pada saat Tim melakukan eksekusi lapangan (Pemantauan dan pengawasan) jika terjadi suatu pelanggaran atau penyimpangan Dilaporkan.

Ibu Nurhaya juga memperingatkan kepada seluruh Kepala Sekolah dan Kepala Desa agar disaat ada tim yang turun tolong di periksa KTA dan kelengkapan berkasnya, terutama berkas dengan stempel basah karena jangan sampai ada oknum yg hanya ingin mengambil keuntungan dari kegiatan ini.

“Kalau dia tahu saya dan no telephone saya berarti itu tim kami” Tegasnya.

Hal senada juga di katakan oleh asjak al pincara LP-KPK KOMDA SULSEL Asrul,bahwa rekomendasi dan kepercayaan yang diberikan kepada kami ini oleh pemerintah Sulawesi Selatan dengan Dasar UU No.17 tahun 2013 tentang Peran Aktif Organisasi Kemasyrakatan itu tentunya akan membawa angin segar bagi Kepala Desa dan Kepala Sekolah, karena selain pemantauan dan pengawasan kami juga akan melakukan pendampingan dengan terus melakukan komunikasi efektif agar supaya penggunaan dana pemerintah itu lebih subtansial, hingga manfaatnya lebih bisa dirasakan oleh siswa begitupun masyarakat pedesaan.

Selain dari pada itu, berharap agar praktek Korupsi di desa dan sekolah bisa terminimalisir. Kegiatan kami ini akan berlangsung sejak tanggal 23 agustus 2017 hingga 23 februari 2018 sesuai dengan rekomendasi Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Sulawesi Selatan.

“kami juga berharap kerjasama yang baik dari semua pihak terkait agar proses di lapangan berjalan dengan baik” Ungkapnya.

Begitupun di Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa saat Tim LP-KPK membawa surat rekomendasi kesana, tim LP-KPK disambut baik.

Bahkan mereka juga mengatakan akan melakukan peran aktif dan membantu LP-KPK nanti di lapangan dengan melakukan komunikasi kepada setiap Desa di Kabupaten Gowa dalam rangka pengawasan dan pemantauan.

(Reporter -SaparuddinRapi)